Kamis, 17 September 2009

windows 7

Perkembangan tehnologi sofware terasa begitu cepat begitu juga operating System, baru saja kita melihat atau mencoba OS Windows Vista bahkan ada yang belum mencicipi OS ini Microsoft telah meluncurkan OS anyarnya yaitu Windows 7 walaupun belum Full Version yang patut di coba yang katanya versi beta OS ini akan menjadi terobosan baru atau boleh di bilang penawar kegagalan Windows Vista ini sudah tersedia sejak awal tahun ini, tepatnya 9 januari 2009 lalu.

Untuk persyaratan hardware yang digunakan tidak ada perubahan besar dibandingkan dengan Windows Vista. Rekomendasi minimum yang diberikan oleh Microsoft untuk mengoperasikan sistem ini adalah prosesor 1 GHz 32-bit atau 64-bit, memori 1GB, ruang hardisk kosong sekitar 16 GB, kartu grafis yang mendukung Direct 9 dengan memori 128MB, DVD-ROM drive, dan tentu saja koneksi internet untuk mengunduh dan menjumput update. Selain itu waktu untuk menginstalnya punhanya 15 menit, tergantung speksifikasi komputer.

Anda tidak akan menemui sidebar seperti yang ada pada Windows Vista, namun tetap bisa memanfaatkan sejumlah gadgets dekstop yang disediakan. ketika mengklik tombol Windows atau start, tampilan visualnya memang tetap mengingatkan kita pada Windows Vista.

Karena Windows 7 tidak banyak berubah dibelakang layar,Microsoft memfokuskan pengembangan pada pengalaman pemakaian Windows itu sendiri dan bukan pada berbagai aspek teknis lain seperti keamanan dan stabilitas. beberapa hal sepele juga krusial juga dipacu, misalnya mengurangi waktu booting dengan mengaktifkan beberapa aplikasi secara paralel sampai membentuk metode manajemen memori baru.

Tidak afdhol rasanya jika tidak menelusuri hal baru di Windows 7 dengan secara langsung mencoba aneka fitur baru tersebut. untuk membantu anda, kunjungi saja www.microsoft.com/windows/windows-7 atau tekan tombol F1 setelah anda menginstal, dan carilah What's new.

Inilah beberapa hal baru pada Windows 7 beta

  • Taskbar

Saat anda mengaktifkan sebuah aplikasi, taskbar tidak lagi menampilkan ikon aplikasi beserta keterangan aplikasinya. Windows 7 hanya menampilkan ikon berukuran besar, mirip dengan Mac OS.

  • Sidebar hilang

Sidebar yang ada di Windows Vista kini dihilangkan karena dianggap terlalu banyak menggunakan tempat yang ada. Gadget kini dapat diletakkan langsung di dekstop.

  • System Tray

Pengguna dapat menata area ini lebih flexibel, karena bisa mengatur ikon apa saja yang muncul di sana secara langsung, mengubah posisi ikon, hingga menentukan notifikasi apa saja yang akan muncul.

  • Jump List

Membantu anda mengaktifkan program atau file yang sering di jalankan atau di buka.

  • Action Control

Fasilitas User Account Control (UAC) tetap ada, namun berubah lebih fleksibel.

  • Device Stage

Semua hal yang berhubungan dengan pengaturan perangkat ada di sini.

  • Libraries

Fungsinya bukan sekedar mendata file, melainkan juga mengkategorikan file sesuai genrenya kedalam sebuah wadah. fasilitas ini menyerupai konsep library untuk lagu seperti yang dimiliki iTunes.

  • Pengelolaan Jendela

Cobalah membuka banyak aplikasi. selanjutnya, tempatkan mask di atas tumbnail jendela yang muncul di task bar. tunggu beberapa saat, maka aplikasi lain (selain dari yang dipilih pointer) akan menghilang menjadi jendela transparan.

  • Pilihan Themes

Anda bisa menggunakan fasilitas personalization yang memungkinkan anda mengutak-atik tampilan dengan gampang hingga mengatur suara, screensaver, dan warna jendela aplikasi secara cepat.

  • Layar Sentuh

Windows 7 adalah versi Windows pertama yang mendukung fitur multi-touch. fitur ini memungkinkan pengguna mengendalikan OS dengan kedua tangan atau pun pena stylus. Juga dilengkapi dengan fitur pengenalan tulisan tangan handwriting recgnition.

  • Paint & WordPad Baru

Tampilannya kini menggunakan tampilan antarmuka serupa Office 2007. pengelolaan menggunakan konsep rbbon memudahkan penggunaannya.

Windows 7 datang tidak hanya dengan beragam fitur baru yang menggugah mata. tren green computing pun tampaknya dibawa. menurut Microsoft, OS ini di klaim lebih cepat di-boot, yang artinya dapat menghemat baterai atau listrik dalam pengelolaannya.

Untuk pengguna komputer umum OS ini cukup menjanjikan beragam kemudahan. sejumlah fitur yang sebelumnya rumit dikelola dan membutuhkan proses bertahap untuk mengelolanya, terlebih oleh pemula dengan Windows 7 semua jadi lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar