Selasa, 29 September 2009

Saint Tropez

Saint Tropez, Surganya Para Miliarder

Tempat wisata para Jetset (Miliarder) di daerah pinggiran selatan Eropa, pantai-pantai kecil disepanjang lautan Mediterania.  Dimulai dari Hyeres Perancis sampai La Spezia Italia.

he Riviera atau French Riviera atau dalam bahasa perancisnya di kenal dengan sebutan ‘Côte d'Azur’ adalah tempat yang sangat populer bagi para turis dan merupakan daerah penghasil bunga-bungaan untuk keperluan pembuatan farfum. Deretan kota-kota kecil sepanjang Riviera ini antara lain Saint-Tropez, Antibes, Cannes, Nice, Menton dan Monte Carlo.

Disini kita akan menemukan deretan super panjang Boat-boat  kecil dan ‘super yacht’ atau kapal pesiar pribadi yang super mewah, milik para milyuner. Baik yang dilengkapi layar atau pun tidak.

Pada tahun 50an, kampung nelayan ini hanyalah sebuah desa kecil. Tetapi setelah di jadikan tempat pembuatan Film Et Dieu... créa la femme (Dewa menciptakan wanita) yang diperankan Brigitte Bardot, Saint-Tropez  mendapatkan pengakuan internasional. Karena sebagai tempat berkunjungnya para jutawan menikmati liburan, kota ini menjadi kota yang super mahal. Hotel - hotelnya juga tidak ada yang murah, rata-rata dijual dengn harga €150 sampai €435 atau sekitar 5 juta rupiah per malam. Harga yang pantas untuk jaminan kenyamanan dan  tanpa keluhan.

Tetapi untuk sekedar menikmati makan eskrim anda bisa mendapatkan hanya dengan €3, menu restoran untuk makanan pembuka sekitar €10 harga sop juga €10. Namun untuk makanan utama di restoran yang sepertinya biasa saja adalah sekitar €30-40 euro. Sedangkan makanan pencuci mulut harganya sekitar €10.

Suhu udara disini 22°C, lebih sejuk dibandingkan dengan kawasan tropis, dan karena suhunya yang sejuk tempat ini sangat cocok untuk berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan.

 Disepanjang jalan kita akan menemukan deretan lukisan yang menggunakan cat minyak yang beraneka macam ukurannya yang dibuat oleh para pelukis jalanan. Yang mereka lukis adalah pemandangan laut, pemandangan dermaga, dan sketsa wajah, tentu saja dibawahnya dicantumkan St-Tropez sebagai ciri khasnya. Lukisan galeri pinggir jalan ini di beri label harga 10- 20 €.

Berkeliling disekitar kota yang hanya berpenduduk 5500 jiwa, merupakan sesuatu yang menarik. Gang-gang yang berfungsi sebagai jalan mobil adalah tipikal Saint-Tropez. Perumahan penduduknya yang sebagian besar tinggal di flat atau rumah-rumah susun. Sebenarnya wilayah ini luas tetapi karena pusat perekonomian adalah dalam bidang turisme, maka penduduk hanya padat di kota kecil ini.

Tempat yang tidak kalah menariknya untuk dikunjungi adalah The Citadel atau Benteng Saint-Tropez. Tiket masuk € 2.50, dari puncak bukit ini bisa melihat seluruh kota dan pemandangan laut biru mediterania.  Bagunan yang didirikan untuk pertahanan ini dibangun 400 tahun yang lalu. Benteng yang sedang menjalani restorasi ini dulunya berfungsi untuk pertahanan dan keamanan pasukan dari serangan pihak lain. Dari tata ruangnya yang berlapis-lapis mengelilingi bangunan, tembok tinggi hanya dengan satu pintu masuk, di kawal oleh beberapa meriam dan di puncak beteng juga meriam-meriam menghadap kearah laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar